2018-01-20 | Sewindu Haul Gusdur, Gusdurian Gelar Tahlilan di Yogyakarta

Dalam rangka mengenang sewindu haul almarhum KH Abdurrahman Wahid atau yang biasa disapa Gus Dur, Jaringan Gusdurian Yogyakarta berencana menggelar Tahlil Kebangsaan dan Parade Salawat 2018 di Masjid UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta.

Sejumlah orang penting dan tokoh yang dekat dengat sosok Gus Dur pun dinyatakan hadir dalam kegiatan tersebut. Adapun tokoh agama yang diundang seperti Alissa Wahid (putri Gus Dur), KH Asyhari Abta (Mustasyar PWNU DIY), KH Masud Masduqi (Rois Syuriah PWNU), Rindang Farihah (Fatayat NU DIY), Awwaludin GD Mualif (Ketua Lesbumi DIY), dan Gus Ilham El Quds (Pimpinan Majlis Sholawat Al-Ukhuwah).

Tema yang diambil dalam peringatan tahun ini adalah ‘Menjadi Gus Dur Menjadi Indonesia.’ Tema tersebut diangkat karena berkaca pada kekhawatiran munculnya konflik dan pertikaian di tahun politik 2018.

Acara tersebut terbuka untuk umum. Panitia mengajak seluruh elemen masyarakat dari berbagai agama turut hadir dalam acara ini.

Sebelumnya jaringan Gusdurian telah menggelar serangkaian acara peringatan sewindu haul Gus Dur, di antaranya tahlil keliling ke beberapa Ponpes di DIY, diskusi nilai hidup Gus Dur, pameran mural, dan fotografi. (merahputih.com, 19 Januari 2018)

Label: