2018-02-03 | Kiai Saiful Mujab, Singa Podium dari Yogya itu Berpulang

Yogyakarta, NU Online – Kabar duka datang dari Yogyakarta. Ketua PWNU DIY tahun 1970-an sampai 1980-an, KH Saiful Mujab meninggal dunia, Jumat (2/2) pukul 21.45 WIB di Rumah Sakit Yogya International Hospital (JIH).
Kiai Saiful Mujab meninggal di usia 77 tahun. Semasa hidup, Kiai Saiful Mujab adalah seorang aktivis NU yang tidak pernah lelah berkhidmah untuk membesarkan NU.
Cucu KH Ali Maksum, KH Hilmy Muhammad, atau yang akrab dipanggil Gus Hilmy mengungkapkan bahwa Kiai Saiful Mujab adalah singa podium.
“Almarhum KH Saiful Mujab, Ketua PWNU DIY periode 1970-1980 an adalah Singa Podium yang kemudian diangkat sebagai salah seorang Ketua PBNU dua periode era almarhum Gus Dur,” tegas Gus Hilmy lewat facebook pribadinya, Sabtu (3/2).
Jenazah Kiai Saiful Mujab akan dikebumikan pada Sabtu (3/2) di Pemakaman Sorowajan Krapyak Wetan, Bantul, DIY.
Berangkat dari rumah duka Jalan Polisi Istimewa Nomor 6 Yogyakarta Pukul 13.00 WIB. Kiai Saiful Mujab meninggalkan lima anak dan 14 cucu.
Kiai Saiful Mujab yang pada masanya dikenal sebagai tangan kanan Alaluyarham KH Ali Maksum itu adalah mantan aktivis PMII, Ketua Kesatuan Aksi Mahasiswa Indonesia (KAMI) dan anggota MPR RI.
Kiai Saiful Mujab adalah loyalis NU yang patut dijadikan teladan dan tokoh panutan. Terbukti saat keadaan gerah (sakit) dan harus didorong dengan kursi roda, beliau tetap hadir dua kali acara PWNU DIY yang diselenggarakan di UNU tahun 2017 lalu (Peresmian UNU Yogyakarta dan Syawalan PWNU). (Rokhim/Fathoni)
Label: